Sunday, January 3, 2010

Sedikit Tentang Koneksi Internet Wireless GPRS / EDGE / 3G / HSDPA / HSUPA / HSPA

Bisa jadi banyak diantara anda masyarakat luas yang sedang mau membeli modem 3G / HSDPA untuk keperluan aktifitas online anda. Dan bisa dipastikan sekarang sedang booming paket bundling atau koneksi internet melalui jaringan wireless 3G / HSDPA. Yang perlu kita ketahui adalah banyaknya operator yang memungkinkan pengguna untuk mengakses internet dengan kuota unlimited. Masalah harga biasanya tergantung kecepatan bandwidth, up to 256 Kbps, 512 Kbps, 1 Mbps, bla,,,bla,,,bla,,,.


Untuk proses registrasi biasanya ada 2 jenis, berlangganan atau tidak berlangganan, prabayar atau pascabayar. Dengan segala kemudahan, kepraktisan dan kesederhanaannya, bisa dipastikan masyarakat lebih menyukai yang versi prabayar. Hanya beli kartu perdana / starter pack lalu masukkan sim card ke modem dan bisa langsung dipakai. Dibandingkan dengan versi pascabayar yang harus melalui banyak sistem administrasi berlangganan.

Kalau berbicara kecepatan, hal ini sebenarnya dipengaruhi oleh banyak faktor, beberapa diantaranya adalah kualitas / jenis sinyal, dan jarak / lokasi si pengguna ke BTS terdekat. Jenis sinyal GPRS adalah yang paling lambat secara teori untuk mengakses data / bandwidth. EDGE setingkat diatasnya lalu UMTS, HSDPA dan yang paling bagus adalah HSPA. Untuk pengguna awam / baru, mudah saja. Setelah modem terinstal di PC dan siap untuk koneksi ke internet, anda bisa lihat jenis sinyalnya dilayar indikator modem. Apakah itu GPRS / EDGE / 3G (UMTS) / HSDPA / HSUPA atau HSPA. Urutan diatas dari yang paling lambat sampai tercepat.

Dan yang terakhir adalah kekuatan sinyal. Hal ini sangat dipengaruhi oleh jarak si pemakai dengan BTS terdekat. Perhatikan berapa banyak sinyalnya di layar indikator modem anda, apakah 1 strip / bar, 2, 3, 4, atau 5. Semakin banyak akan semakin baik untuk mentransfer dan menerima data. Jenis koneksi internet seperti ini memang praktis, murah dan cukup memuaskan, tapi sesuaikan dengan kebutuhan. Saya rasa sangat cocok sekali untuk pengguna yang mobile. Untuk stand-alone / pengguna rumahan, bisa dikatakan kalau mau cepat anda harus beruntung. Dalam artian mendapatkan jenis sinyal yang paling bagus dari BTS anda dan juga kekuatan sinyal yang cukup. Jika tidak? Semahal apapun modem anda menjadi kurang bermanfaat.


2 comments:

  1. I recently came across your blog and have been reading along. I thought I would leave my first comment. I don't know what to say except that I have enjoyed reading. Nice blog. I will keep visiting this blog very often.

    Lucy

    http://cellularaccessoriess.com

    ReplyDelete
  2. bagus nih. nice info banget

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails